Suatu hari di stase Obgyn

06.00 Bangun tidur, langsung buru-buru mandi, takut terlambat. Tidak lupa sarapan nasi kuning dulu biar nanti ada tenaga… segera kukayuh sepeda butut kesayanganku menuju rumah sakit.. ayo semangat..

07.00 Sampe juga di ruang ginekologi.. Cepat-cepat ngabsen trus cek pasien nih… Duh pasiennya banyak euy..  Harus diperiksa semua, soalnya nanti mau ada miniCEX.. setelah itu langsung buru-buru baca textbook.

08.00 Ikut operan perawat dan bidan. Paling bete kalau disuruh periksa ASI ibu-ibu pasien pasca SC, soalnya agak risih juga.. Kaki sudah pegal berdiri terus.

09.00 Psst.. konsulen datang, saatnya miniCEX… Saya dapat pasien kista ovarium. Kasian pasiennya diperiksa bimanual terus. Tadi pagi sudah aku diperiksa bimanual dengan saya dan  2 teman saya, sekarang harus diperiksa lagi. Ada perasaan bersalah kalau pasien yang tadinya tidak sakit, malah jadi sakit karena kebanyakan diperiksa.

10.00 Hari ini giliranku ke OKA. Ternyata ada 3 operasi. Ugh.. paling phobia kalau disuruh ke OKA. Soalnya repot harus ganti2 baju, trus banyak aturan ini itu. Apalagi waktu awal masuk OK pernah di semprot habis2an sama konsulen  karna ngerusakin t4 sabun. Di OKA ikut asistensi operasi mioma. Ternyata perdarahannya banyak smpe meleber2 menembus baju operasi karena aku lupa pake baraksot

12.00 Saatnya persentasi kasus. Semuanya berkumpul di ruang pertemuan. Kami membawakan kasus massa pada pelvis.. bahasannya banyak banget. Ternyata pembahasannya salah, dan kamipun diomelin bla-bla-bla.. perutku sudah mengamuk minta diisi.

14.15 Akhirnya selesai juga.. saatnya untuk pulang ke kosan dan tidur.. eitss.. tunggu dulu, rupanya saya jaga malam.. oh my god.. ternyata penderitaanku masih panjang.. saya dan 3 orang teman saya yang jaga segera ganti baju dan segera mangkal di VK bersama ibu2 bidan. Kami sudah lapar sekali, saatnya pesan mi kocok…

16.00 Banyak pasien inpartu yang perlu di observasi (pekerjaan paling membosankan).. hitung his, DJJ, dan bla-bla-bla.. tiap 15 menit..

17.00 O-ow ada pasien yang sudah masuk kala 2, sayangnya bukan APN karena bayinya letak sungsang.. Saya ikut ngebantu2 persalinan dengan spontan bracht. Saya episiotomy karena perineumnya terancam ruptur. Alhamdulillah bayinya lahir dengan selamat. Tapi belum berakhir begitu saja, saya harus bertanggung jawab atas luka bekas episnya. Saatnya hecting perineum..

19.00 Setelah hecting dan bersih2, akhirnya selesai juga..


beginilah nasib koas, APN bukan hanya bantu2 melahirkan aja, tapi juga sampai nyuci-nyuci semua peralatannya… cuci yang bersih ya neng eh kang

19.10 D**n ada SC…. Saya langsung pura2 observasi  pasien daripada ikutan SC (padahal tadi udah niat mau tidur).

21.00 Ada pasien baru masuk, datang sudah kala 2. Kepala bayinya nya udah nongol.. saya panik, alat-alat APN nya belum siap, handscoenpun blum ada. Karena keburu2, handscoennya ternyata tangan kiri semua.  Tidak perlu ditolong bayinya sudah keluar sendiri. Seandainya datang lebih awal, pasien ini APN banget.

22.00 Saya sudah mulai mengantuk, ntah mengapa justru jam2 tidur begini malah banyak yang melahirkan.  Teman2 saya membantu partusnya. Lagi-lagi saya disuruh meng epis dan meng hecting.

00.00 Saya masih menjahit perineum.. Mata saya sudah mengantuk sekali, Punggung sudah mulai pegal, keringat sudah mulai bercucuran, apalagi ditambah panas dari lampu sorot. Hectingnya sudah mulai gak karuan. Sempat dimarahin bu bidan karena hasil hectingnya jelek sekali.

01.00 Akhirnya selesai juga… muka sudah tidak karuan, rasanya muka dilapisi minyak tebal. Rambut berdiri-berdiri, mata sudah sayu.. setiap kali ditanya, saya jawab “hah?” alias sudah ngga ngudeng..

01.45 OMG.. Ada yang melahirkan lagi…

03.00 Cukup sudah, saya sudah tidak tahan, saya langsung masuk kamar koas dan tidur dengan pulasnya…

04.30 Temanku membangunkan saya, katanya ada SC, katanya giliran saya yang ke OK. Saya memilih pura2 tidur.. Akhirnya teman saya nyerah membangunkan saya, dan dia yang akhirnya ke OK. Hihihihi… Tidur lagi ah….

2 thoughts on “Suatu hari di stase Obgyn

  1. lucu bgt,jd ingat pengalaman saya d OK y cuma beres2 alat krn g ad pasien yg mw operasi d saat saya dinas pagi selama seminggu.

Leave a Reply

