Gunung Kerinci, Kayu Aro dan Telun Berasap

Setelah menikmati keindahan Danau Kerinci dan pesona Kota Sungai Penuh, Perjalanan  kami lanjutan ke Utara menuju perkebunan Teh kayu Aro yang berada di kaki Gunung  Kerinci. Jarak Perkebunan Teh Kayu Aro dari Kota Sungai Penuh tidak begitu jauh,  hanya berjarak kurang lebih 40 kilometer. Bila tidak menggunakan kendaraan pribadi,  Perkebunan Teh kayu Aro dapat di capai dengan menggunakan angkot berwarna putih

Perkebunan Teh Kayu Aro dan Gunung Kerinci

Dalam perjalanan akan melewati beberapa tempat wisata seperti Air Panas Semurup di  desa Air Panas Baru. Kemudian akan melewati Siulak Deras dengan dendeng Batokoknya,  disusul Lubuk Nagodang yang terkenal dengan Dodol kentang berbagai rasanya.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, akhirnya kami sampai jumpa di  Perkebunan Kayu Aro. Sepanjang mata saya memandang yang tampak adalah hamparan  permadani hijau kebun teh yang tersusun rapi. Hamparan teh yang menghijau ini  sesekali disisipi oleh Pohon Kayu Manis yang berwarna merah kekuningan yang menambah  efek manis dari landscape luar biasa ini. Tidak ketinggalan disisi barat kebun,  terlihat gunung Kerinci berdiri dengan gagahnya yang menambah keindahan Panorama  alam di Kayu Aro ini.

Perkebunan Teh Kayu Aro

Suhu udara di kebun ini sangat dingin sekali, tidak heran karena kebun ini berada di  atas ketinggian 1400 – 1600 meter dpl. Kebun Teh Kayu Aro merupakan perkebunan teh  tertinggi ke dua di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di kaki Gunung Himalaya  (4.000 m dpl). Selain sangat tinggi, perkebunan Teh Kayu Aro ini merupakan  perkebunan teh terluas didunia dengan luas 3.020 hektar. Perkebunan ini sudah ada  sejak tahun 1925 dan sebagian besar teh hasil produksi perkebunan ini selalu di  eksport kemancanegara.

Pemetik Teh

Selain menikmati hamparan kebun teh, disinipun kita bisa mendaki gunung kerinci  melalui desa Kersik Tuo yang ditandai dengan Tugu Macan. Gunung kerinci adalah  gunung berapi tertinggi di Indonesia dengan tinggi 3.805 m. Menahlukkannya dan  mencapai puncaknya tentunya merupakan kepuasan tersendiri. Saya sangat tertarik  namun saya terkendala dengan waktu. (alesan anak pantai :p)

Simpang Tugu Macan Kersik Tuo

Masih ada lagi objek wisata disekitar sini yaitu Danau Gunung Tujuh yang merupakan  danau tertinggi di Asia Tenggara ( 1.950 m dpl). Danau ini bisa dicapai dari Desa  Pelompek dengan berjalan kaki (mendaki) selama 2-3 jam. Lagi lagi saya tidak bisa  mengunjungi Danau ini karena alasan (ehm) waktu.

Setelah melewati beberapa objek wisata itu semua, jangan lupa untuk mampir ke Objek  wisata terakhir sebelum masuk ke Prov Sebelah. Objek wisata itu adalah Air Terjun  Telun berasap yang berada di Kec. Gunung Tujuh. Objek ini tidak begitu jauh dari  jalan raya, hanya perlu menuruni beberapa anak tangga. Akan tetapi wisatawan tidak  di izinkan untuk turun sampai kebawah karena terlalu berbahaya. Jadi oleh pemerintah  setempat disediakan semacam pondok sebagai tempat pengamatan diatas tebing.

Pondok

Sesuai  namanya, air terjun ini mengeluarkan embun yang berterbangan yang tampak seperti  asap. Embun ini timbul karena hempasan air terjun ke batu dan kolam dibawahnya.  Disaat matahari bersinar terik, kadang muncul pelangi di airterjun ini, namun  sayangnya pada saat saya kesana cuaca sedang mendung.

Air Terjun telun Berasap

Tidak berlama lama di air terjun,kami melanjutkan menuju Muara Labuh di Sumbar dengan menembus Taman Nasional Kerinci Seblat yang berkabut  tebal sama seperti kemarin saat perjalan dari Tapan – Sungai Penuh. Akhirnya selesai juga perjalanan saya di Bumi Sakti Alam Kerinci, walaupun sebenarnya masih banyak yang belum sempat kami kunjungi, namun suatu hari nanti saya yakin kami akan kembali lagi ketempat ini.

Kabut Tebal

About these ads

7 thoughts on “Gunung Kerinci, Kayu Aro dan Telun Berasap

  1. Hmmmmm….. Gak sabar pergi yg kedua kalinya tanggal 30 Desember besok. Meskipun kami 5 hari harus di tuntaskan esok jalan2 yg tertunda seperti tahun baru silam. karena waktu habis terbuang oleh mendaki ke gunung tujuh. Tapi gak nyesal kok. pokoknya Is The Best deh!!! (y)

  2. kerinci itu kampung halaman orang tua aku.. jadi aku kesana hampir setiap tahun buat ngunjungin nenek, dan ya, disana emang sooooo adorable

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s