Masjid Nabawi, Masjid Terindah di Dunia.

Masjid yang menjadi tujuan utama di Madinah Al Munawwarah adalah Masjid Nabawi. Letaknya persis di pusat jantung kota Madinah. Kawasan Masjid Nabawi berada di areal berbentuk persegi panjang dan dikelilingi oleh hotel hotel berbintang berbentuk seperti kotak yang disusun sedemikian rupa. Masjid ini adalah masjid terbaik dan masjid terindah di dunia karena ukurannya yang besar, keindahan arsitekturnya yang modern, nilai sejarahnya, dll.

Payung payung masjid Nabawi

 Ayo kita jelajahi Masjid Nabawi yok… kita mulai dari halaman masjidnya ya. Masjid Nabawi memiliki halaman yang cukup luas, kurang lebih 235.000 meter persegi. Lantainya dilapisi oleh ubin berwarna abu abu – putih yang tidak begitu panas di injak walaupun hari sedang panas panasnya. Yang unik adalah di halaman masjid nabawi terdapat payung payung raksasa yang bisa membuka dan menutup. Jumlahnya ada puluhan mungkin ratusan tersebar di halaman masjid dan ada juga sebagian di dalam masjid. Mulai membuka pada pagi hari dan menutup kembali menjelang sore hari. Melihat payung payung raksasa ini membuka dan menutup merupakan tontonan yang cukup menarik dilihat. Pada tiang payung itu terdapat semacam kipas angin yang akan meniupkan udara udara lembab terutama pada saat sianghari yang terik.

Proses payung membuka sesaat setelah sholat subuh

 Masih dihalaman masjid, ada beberapa tangga escalator yang menuju ke Basement. Itu adalah jalan menuju ke Tempat Parkir mobil dan tempat mengambil wudhu. Lokasinya dipisahkan antara laki laki dan perempuan. Tempat wudhunya sangat bersih dan wangi, keran keran air tersusun rapi. Tidak seperti di Indonesia, yang bila berwudu harus berdiri, di masjid nabawi ini terdapat kursi kursi dari marmer yang digunakan saat akan duduk berwudhu.

Tempat wudhu di Masjid Nabawi

 Dari Halaman masjid dapat terlihat beberapa menara dan kubah di Masjid Nabawi. Jumlah menaranya kalau tidak salah ada 6 menara yang dihias lampu lampu Kristal. Jumlah kubahnya saya tidak tau karena jumlahnya cukup banyak. Salah satu kubah dan menaranya ada yang berwarna Hijau. Persis dibawah Kubah Hijau itulah makam nabi Muhammad SAW berada.

Pada saat payung menutup, tampak menara dan kubah

 Pintu masuk di masjid nabawi ini pun banyak sekali. Tapi jangan bingung karena tiap pintu ada namanya masing masing. Jadi tinggal hafalkan saja namanya. Setiap pintunya terdapat ukiran ukiran berwarna ke emasan yang indah sekali.

Pintu Masjid Nabawi

Biasanya disamping pintu masuk besar ada beberapa rak yang digunakan untuk menyimpan rak/sepatu. Tapi saran saya pribadi, lebih baik sepatu/sandal dibawa masuk kedalam masjid. Tapi sebelumnya dibungkus dulu dengan tas kecil. Kenapa begitu? Karena selama saya di Madinah sudah 2x saya kehilangan sandal karena meletakkan di rak/sepatu tersebut. Sebenarnya yang menjadi masalah bukan kehilangan sandalnya, tapi akibat yang timbul setelahnya. Pada saat siang hari, jalanan di Madinah itu sangat sangat sangat panas sekali, sehingga siapapun tidak akan sanggup menginjaknya tanpa menggunakan alas kaki. Itulah yang terjadi dengan saya 2x, kehilangan sandal. Untungnya masih banyak jamaah lain yang berbaik hati membelikan sandal.

Salah satu pintu masuk masji Nabawi

Masuk kedalam masjid,udara langsung terasa dingin. Ubin yang di injak pun terasa dingin sekali. Didalam terdapat ratusan tiang tiang berwarna putih dengan ornament emas berjajar rapi. Di atas terdapat lampu lampu Kristal raksasa. Ditepi tepi jalan utama didalam masjid, banyak terdapat tabung tabung gallon berisi air zam zam yang khusus didatangkan dari Makkah. Airnya ada yang dingin dan ada yang tidak. Tidak lupa saya meminum air zam zam yang dingin sambil berdoa menghadap kea rah ka’bah.

Suasana didalam masjid Nabawi

Kalau diperhatikan ke atas, ada kubah kubah yang terkadang membuka dan kadang menutup. Biasanya sih buka pada saat pagi hari dan menutup pada saat siang dan malam hari. Mungkin dibuat sebagai ventilasi udara. Awalnya saya tidak habis pikir bagaimana kubah sebesar itu bisa membuka dan menutup? Pikir saya membuka dan menutup seperti bunga yang kuncup dan mekar. Setelah saya ke lantai atas baru saya sadar bahwa kubah itu membuka dan menutup dengan cara bergeser kekiri dan kanan doang. Simpel.

Lebih masuk kedalam lagi ke sudut kiri atas, ada tempat yang di sebut dengan Raudhah. Raudhah atau taman surga ini adalah suatu tempat yang berada di antara Makam Rosulullah SAW dengan Mimbar.. Kalau ke Masjid Nabawi, sangat gampang mencari Raudhah, cari saja tempat yang paling ramai dan dipadati dengan jamaah, itulah dia Raudhah. Penanda lainnya adalah tempatnya yang berbeda dengan kondisi dalam masjid masjid nabawi yang biasanya, antara lain lebih banyak lampu dan lebih terang, tiang tiangnya berbeda dengan ornamennya yang khas dan juga permadani woolnya yang lebih cantik dan unik. Cara cepat untuk menuju ke raudah adalah melalui pintu yang saya lupa namanya, kalau tidak salah adalah pintu Babussalam, karena dari pintu itu akan langsung menuju ke Raudah dan Makam Rosullah SAW. CMIWW. Ukuran Raudhah ini tidak begitu besar jadi bila ingin sholat disini harus agak bersabar dan harus antri dan rela berdesak desakan. Jangan marah kalau misalnya pada saat sholat saling bersenggolan atau terinjak. Walaupun susah, tapi selalu usahakanlah untuk sholat di Rhaudah.

Suasana didalam Raudhah

Setelah dari Raudah, ikuti jalan keluar nanti akan melewati makam nabi Muhammad SAW dan sahabatnya yaitu Abu bakar dan Umar bin Khatab. Tapi saya tidak bisa melihat dengan jelas karena ditutup dengan tirai dan Cuma bisa di intip dari lubang kecil. Itupun tidak bisa lama lama karena polisi yang menjaga akan segera menyuruh keluar.

Kubah dan menara hijau. Dibawah kubah Hijau terdapat makam Rosulullah SAW

Apa saja yang dilakukan di Masjid Nabawi? Yang utama adalah Sholat arbain atau sholat 40 waktu secara terus menerus tanpa terputus secara berjamaah di masjid Nabawi. Ibadah ini sifatnya adalah sunah jadi bila kondisi kesehatan tidak memungkinkan jangan terlalu memaksakan. Usahakan setiap kali sholat di rhaoudah. Selain itu di anjurkan memperbanyak I’tikaf di Rhaudah, sholat, mengkhatamkan al quran, doa dan shalawat.

Di Masjid Nabawi ini ada perpustakaan juga loh. Letaknya ada dilantai 2 masjid nabawi, lewat tangga escalator disalah satu sisi masjid. Perpustakaan ini kayaknya cuma boleh dimasuki oleh laki laki karena tidak ada satupun perempuan yang saya liat. Koleksi bukunya sebagian besar berbahasa arab, isinya tentang hmm….. saya tidak tau karena saya tidak tau bahasa arab. Tapi jangan kawatir, karena di salah satu sudut perpustakaan juga ada buku berbahasa inggris kok.

Suasana di dalam perpustakaan masjid Nabawi

Lantai atas masjid Nabawi biasanya hanya akan dibuka kalau pengunjung di Masjid nabawi membludak. Masuknya dengan menggunakan escalator yang lumayan tinggi  dan juga menaiki beberapa anak tangga. Di atas kita bisa melihat menara menara masjid lebih dekat dan bisa menyaksikan secara langsung proses membuka dan menutupnya kubah.

Suasana di lantai atas masjid Nabawi

Pada saat magrib pada hari senin dan kamis, jangan kaget bila melihat banyak sekali makanan di dalam masjid Nabawi. Ada roti, kurma, kacang kacangan dan teh arab. Makanan dan minuman itu disajikan secara khusus oleh pengurus masjid terutama untuk mereka yang berpuasa senin dan kamis. Hihihi.. tapi yang tidak puasa boleh juga kok nyicipinnya.

Menunggu berbuka puasa

Tidak jauh dari masjid nabawi, kurang lebi 50 meter terdapat kompleks pemakaman yaitu maqam Baqi’. Di Baqi kita bisa berziarah di beberapa pusara keluarga Rosulullah SAW, dan juga para Syuhada. Makam Baqi berupa tanah tandus, kering. Hanya terdapat batu batu penanda makam tanpa ada nama.

Makam Baqi’

Mengenai jamaah lain yang bukan berasal dari Indonesia, mereka antara lain berasal dari daerah afrika, turki, Pakistan, india, dan Thailand Malaysia. Tidak usah takut kalau di ajak ngobrol atau mau ngajak ngobrol karena rata rata cukup welcome kok. Cuma sayangnya banyak yang tidak mengerti dengan bahasa inggris, apalagi bahas Indonesia :p. Jadi komunikasi satu satunya ya lewat bahasa tarzan. Walaupun jawabannya kadang kadang tidak nyambung tapi tetap asik kok. Haha..

Salah satu kenangan dari teman yang berasal dari Turki

Itu dulu sekilas tentang masjid nabawi, mohon maaf kalau ada yang salah. Besok postingan selanjutnya akan membahas bagaimana saya jadi guide dadakan keliling di Madinah. Ayoook….

About these ads

3 thoughts on “Masjid Nabawi, Masjid Terindah di Dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s